Kepala Desa Parit Baru Musa

Kubu Raya, BerkatnewsTV. Terobosan baru akan digulirkan kepala desa yang tergabung dalam Apdesi (Asosiasi Pemerintahan Desa) Kecamatan Sui Raya yakni Sekolah Desa.

Sekolah Desa disebutkan Ketua Apdesi Sui Raya, Musa dilatar belakangi semakin rumit dan ketatnya sistem administrasi desa seperti siskeudes, prodeskel dan simpades.

“Sehingga pemerintah desa dituntut untuk memahami dan mengerti itu semua agar tidak terjerat dalam hukum dikarenakan tidak memahami sistem administrasi desa itu,” tuturnya.

Musa katakan sasaran Sekolah Desa ini antara lain kepala desa maupun perangkat desa di 20 desa se-Kecamatan Sui Raya. Sedangkan narasumbernya pihak-pihak yang berkompeten di bidang sistem administrasinya masing masing.

“Misalnya Dinas Pemdes, BPKP, Inspektorat bahkan termasuk staf desa yang telah memiliki kompetensi di bidang yang dibutuhkan serta desa yang telah dinggap memiliki kemampuan pengelolaan sistem administrasi,” jelasnya.

Dikatakan Musa, sekolah desa akan dilaksanakan secara berkala dan kontinu. misalnya seminggu sekali.

“Kami berharap Pemkab memberikan dukungan sekolah desa karena ini bermanfaat untuk peningkatan kapasitas aparatur desa untuk pengelolaan berbagai administrasi desa,” harapnya.(rob)