Pendidikan Karakter Anak Dimulai dari PAUD dan TK

Guru PAUD di Kubu Raya menerima insentif. Bupati Kubu Raya menilai pendidikan karakter anak dimulai dari PAUD dan TK. Foto: Ist

Kubu Raya, BerkatnewsTV. Bupati Muda Mahendrawan menyebut perhatian besar Pemerintah Kabupaten Kubu Raya terhadap keberadaan PAUD dan TK telah ada sejak periode pertama kepemimpinannya di Kabupaten Kubu Raya.

Saat itu, pemerintah daerah telah berupaya semaksimal mungkin mencari cara menghemat anggaran agar mampu memberikan insentif guru PAUD dan TK.

Kala itu, menurutnya, di Kalbar belum ada satu daerah pun yang memberikan insentif kepada tutor PAUD kecuali Kabupaten Kubu Raya.

“Banyak daerah-daerah lain yang dulu tidak ada memberikan insentif dan kita yang daerah baru malah sudah membuat terobosan. Sehingga diikuti oleh daerah-daerah lainnya di Kalimantan Barat,” tuturnya disela menyerahkan simbolis insentif guru PAUD, Selasa (31/12).

Muda menyebut keberadaan PAUD sangat penting. Sebab penguatan pendidikan berbasis karakter dimulai dari PAUD. Karena itu, dirinya berterima kasih kepada seluruh guru PAUD di Kabupaten Kubu Raya. Seraya mengajak para guru untuk bersyukur dengan ruang pengabdian yang dimiliki.

“Terima kasih atas dedikasinya. Saya berharap dedikasi ini diikuti dengan rasa syukur bahwa kita diberikan ruang oleh Allah Taala melalui pemerintah kabupaten dan pemerintah desa. Mudah-mudahan ruang kita menjalankan proses ini benar-benar bisa lebih memperkuat pondasi karakter anak-anak kita,” tuturnya.

Muda menjelaskan, visi bahagia yang dikejar Pemerintah Kabupaten Kubu Raya yakni bagaimana mewujudkan seluruh rumah tangga yang bisa hidup tenang dan bahagia. Dan salah satu syarat bahagia, menurut dia, adalah anak-anak yang punya adab dan karakter yang kokoh.

“Kata-kata yang baik berasal dari pikiran yang baik. Tindakan yang baik berasal dari kata-kata yang baik. Kebiasaan yang baik berasal dari tindakan yang baik. Budaya yang baik berasal dari kebiasaan yang baik. Dan karakter yang baik berasal dari bduaya yang baik,” tuturnya mengutip falsafah Margaret Thatcher, PM Inggris di masa silam, yang terkenal dengan karakter tegasnya sehingga dijuliki “wanita besi”.

Muda menyatakan di era digital yang menantang saat ini, suka tidak suka karakter anak harus diperkuat. Sehingga anak dapat berkembang dengan baik. Setiap orang, sebutnya, harus mampu menjadi penolong minimal bagi diri sendiri.

“Kalau menolong diri sendiri saja tidak bisa, bagaimana mau menjadi memimpin keluarga dan orang banyak. Kubu Raya harus hadir sebagai kabupaten yang bisa menyelamatkan generasi ini dengan cara kerja yang terukur,” pesannya.

Terkait upaya menambah jumlah PAUD di seluruh desa, Muda mengajak khususnya kaum ibu untuk menginisiasi pendirian PAUD dan TK sendiri.

“Supaya kita memastikan bahwa lembaga pendidikan ini bisa hadir di seluruh desa,” katanya.(rob)

Tulis Komentar