Warga salat kusuf atau gerhana matahari di Sekadau. Foto: Hery

Sekadau, BerkatnewsTV. Gerhana matahari cincin yang terjadi di Kabupaten Sekadau menjadi perhatian warga Sekadau. Sebagian warga turut mengabadikan momen tersebut dengan kamera ponsel.

Sementara yang lain memilih melaksanakan Salat gerhana matahari atau Salat Khusuf pada pukul 12.25 Wib, Kamis (26/12).

Puluhan warga melaksanakan Salat khusuf di salah satu masjid di Sekadau yaitu masjid Al Mutmainnah, di Pondok Pesantren Ar-Rahmah, Jalan Sekadau-Sintang, Desa Mungguk, Sekadau Hilir. Salat Khusuf dilaksanakan usai Salat Dzuhur dipimpin Kyai Mudhlar.

“Salat Khusuf itu hukumnya sunat muakkad atau hampir berhukum wajib,” kata Muhdlar sesaat sebelum pelaksanaan shalat.

Meski bukan daerah yang fokus terjadinya gerhana, namun fenomena gerhana di Sekadau lumayan terasa. Sinar matahari yang terik, terasa mulai meredup saat puncak gerhana sekitar pukul 12.49 Wib.

Deden, salah satu warga Sekadau yang tinggal tidak jauh dari area Mesjid mengaku baru pertama kali melihat gerhana matahari di langit Sekadau.

“Saya pikir dari pagi itu udah mulai terlihat. Karena penasaran ini baru pertama kali lihat gerhana. Penasaran gimana bentuknya,” ungkapnya.

Bapak dua anak ini juga mengaku antusias karena untuk pembelajaran sebab momen itu langka baginya.

“Momen ini bagus, sekalian pembelajaran dan fenomena ini terjadinya lama sehingga bisa kita ajarkan ke anak-anak,” tutupnya.(her)