Aparatur Sipil Negara(ASN) di Kubu Raya melaksanakan Salat Kusuf atau salat gerhana matahari pada Kamis (26/12) di Masjid Al Isra. Foto: Ist

Kubu Raya, BerkatnewsTV. Aparatur Sipil Negara(ASN) di Kubu Raya melaksanakan Salat Kusuf atau salat gerhana matahari pada Kamis (26/12) di Masjid Al Isra.

Terlihat melaksanakan Salat Kusuf antara lain Bupati Kubu Raya, Kapolres Kubu Raya, dan sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemkab Kubu Raya. Serta kaum perempuan yang berada di saf belakang. Imam Salat Kusuf Ustad Nasutiun Usman.

Salat Kusuf dilaksanakan bertepatan adanya fenomena alam gerhana matahari cincin yang terjadi di sejumlah wilayah Indonesia termasuk di Singkawang Kalimantan Barat.

Menurut Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan fenomena alam gerhana matahari ini menjadikan moment untuk merefleksi keseimbangan alam.

“Kita beharap masyarakat dapat lebih menjaga alam karena telah terjadi global warming atau pemanasan global. Maka kita harus bisa mengimbangi dan menjaga emisi udara, karbon dan lainnya,” katanya.

Untuk itu sambung Muda, manusia mesti menjaga alam dengan melakukan penghijauan, penanaman pohon dan ruang terbuka hijau. Satu diantara caranya adalah tidak membakar lahan.

“Sebab jika panas bumi semakin tinggi, permukaan laut semakin meningkat maka akan berpengaruh terhadap gravitasi dan pemanasan global. Banyak langkah atau solusi yang mesti diambil,” ucapnya.

Tentu menurut Muda ini juga berpengaruh terhadap hot spot. Namun jika tidak bisa dikendalikan akan tetapi fire sportnya yang mesti dikendalikan.

“Untuk itu kita mesti menjaga keseimbangan alam agar tetap terus terjaga,” imbaunya.(rob)