Singkawang, BerkatnewsTV. Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) memberikan perlindungan jaminan kesehatan kepada seluruh segmen masyarakat.

Salah satunya adalah Sumiati (37) merupakan peserta Program JKN-KIS dari segmen Peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI APBN) yang ditanggung langsung oleh Pemerintah Pusat.

Sumiati adalah seorang ibu rumah tangga dimana suaminya sebagai kepala rumah tangga bekerja sebagai buruh pada sebuah tambak ikan lokal di daerah Pemangkat, Kabupaten Sambas.

“Alhamdulillah saya melahirkan anak ketiga di rumah sakit RSUD Pemangkat ditanggung semua tanpa mengeluarkan biaya padahal saya melahirkannya dioperasi. Kalau tidak ditanggung Pemerintah melalui Program JKN KIS terus terang saya tidak mampu membayarnya,” tutur Sumiati.

Sebagai ibu rumah tangga dimana suaminya hanya bekerja sebagai buruh lokal yang penghasilannya hanya cukup untuk makan dan minum sehari-hari sehingga tidak akan mampu untuk membayar biaya operasi melahirkan.

Tentunya dengan adanya Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) ini sangat membantu ibu Sumiati dan suaminya.

“Saya tidak bisa membayangkan apa yang terjadi jika saya tidak mempunyai kartu Sakti ini, Kartu inilah yang membuat saya tenang ketika dokter memutuskan bahwa saya harus dioperasi dan suami mengatakan tidak perlu khawatir karena semua biaya operasi sudah ditanggung dengan kartu JKN-KIS ini” Ungkap Sumiati.

Sumiati berharap agar Program JKN-KIS bagi Peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI APBN) ini agar berkelanjutan. Karena banyak masyarakat yang tidak mampu sangat membutuhkannya, termasuk dirinya dan keluarganya.(rls)