Strategi Preemtif dan Preventif Polres Sekadau

apel gelar pasukan Operasi Lilin Kapuas 2019 dalam rangka pengamanan perayaan Natal dan tahun baru, di halaman Mapolres Sekadau. Foto: Ist

Sekadau, BerkatnewsTV. Kapolres Sekadau, AKBP Marupa Sagala, memimpin apel gelar pasukan Operasi Lilin Kapuas 2019 dalam rangka pengamanan perayaan Natal dan tahun baru, di halaman Mapolres Sekadau, Kamis (19/12).

“Fokus pengamanan adalah 61.308 objek di seluruh Indonesia. Baik di gereja, tempat wisata pusat perbelanjaan, objek perayaan tahun baru, terminal, pelabuhan, stasiun kerta api, dan bandara,” kata Kapolres pada saat membacakan amanah Kapolri Jenderal Pol Idham Azis.

Lanjut dia, Apel Gelar Pasukan yang di selenggarakan secara serentak di seluruh jajaran ini bertujuan untuk memastikan kesiapsiagaan personel dan peralatan pengamanan

Soliditas para pemangku kepentingan yang dilibatkan serta menumbuhkan ketenangan dan rasa aman bagi masyarakat dalam menyambut Hari Raya Natal 2019 Dan Tahun Baru 2020.

“Dalam pelaksanaannya, operasi ini akan melibatkan 191.807 personel gabungan yang terdiri atas 121.358 personel polri, 17.190 personel TNI serta 54.259 berasal dari instansi terkait antara lain Sat Pol PP, Dishub, Dinkes, Pemadam Kebakaran, Linmas, dan lain sebagainya,” imbuhnya.

Marupa menjelaskan, Operasi Lilin Kapuas 2019 akan digelar selama 10 hari, mulai 23 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020.

“Serta menumbuhkan ketenangan dan rasa aman masyarakat dalam merayakan Natal 2019 dan tahun baru 2020,” ucap Marupa.

Bahkan, kekuatan personel tersebut akan di tempatkan pada 1.792 titik pos pengamanan,745 titik pos pelayanan dan 45 titik pos terpadu, strategi yang di terapkan dalam operasi ini adalah mengedepankan tindakan preemtif dan preventif dengan di dukung kegiatan intelijen berupa deteksi dini dan deteksi aksi serta penegakan hukum secara tegas dan Profesional.

“Berkaitan dengan hal tersebut seluruh kasatwil dapat bersinergi dengan stekolder terkait untuk menentukan langkah antisipasi yang proaktif dan menerapkan strategi yang tepat guna mengatasi berbagai potensi gangguan yang ada sesuai dengan karakteristik kerawanan masing2 Daerah,” tutup Kapolres.(her)

Tulis Komentar