Singkawang, BerkatnewsTV.Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) merupakan sebuah program dari Pemerintah yang memberikan perlindungan jaminan kesehatan kepada seluruh segmen masyarakat.

Salah satunya adalah Miki Puspitasari(48) merupakan peserta Program JKN-KIS dari segmen Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) atau biasa disebut dengan Peserta Mandiri.

Wiki Puspitasari beserta keluarganya sudah pernah menggunakan kartu JKN-KIS ketika dia dan keluarganya mengalami sakit dan harus berobat ke dokter untuk menyembuhkan penyakitnya.

“Pada awalnya tujuan saya mendaftar sebagai peserta Mandiri adalah untuk jaga-jaga dan antisipasi saja jika saya dan keluarga tiba-tiba sakit. Saya dan keluarga berharap sehat-sehat saja tapi sakit itu tidak dapat diduga, datangnya pun tiba-tiba dan saya sudah mengalaminya,” tuturnya.

Sebagai Ibu rumah tangga dengan suami yang bekerja serabutan tentunya Wiki Puspitasari harus pandai menyisihkan uang dari hasil kerja suaminya untuk membayar Iuran JKN-KIS setiap bulannya.

Dia sisihkan setiap hari dari hasil kerja suaminya khusus untuk iuran JKN-KIS. Hal ini dia lakukan demi perlindungan kesehatan bagi diri dan keluarganya.

“Dengan adanya kartu JKN-KIS ini, saya dan keluarga menjalani hidup sehari-hari menjadi lebih tenang. Tidak perlu memikirkan masalah biaya kesehatan lagi. Bayarlah iuran tepat waktu maka akan dijamin oleh BPJS Kesehatan,” ungkapnya.

Di akhir percakapan, Miki Puspitasari menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah yang melalui BPJS Kesehatan telah menyelenggarakan program JKN-KIS.

Program ini sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Indonesia terutama yang membutuhkan pelayanan kesehatan setiap harinya. Wiki Puspitasari berharap program JKN-KIS ini berkesinambungan dan tetap dipertahankan ke depannya.(rls)