Seluruh elemen di Sanggau yang menyatakan kesiapannya pengamanan Natal dan Tahun Baru. Foto: Abang Indra

Sanggau, BerkatnewsTV. Rapat koordinasi terakhir persiapan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 digelar Rabu (18/12) pagi di aula Mapolres Sanggau.

Bupati Paolus Hadi mengatakan banyak informasi yang sudah disampaikan dari berbagai pihak yang bertanggung jawab untuk item-item tertentu.

“Misalnya untuk persiapan mudik. Tadi sudah disampaikan juga, intinya tidak ada masalah. Kita juga sudah punya posko. Kemudian tentunya yang berkaitan dengan pemenuhan bahan pokok kita. Sanggau masih aman. Harga juga tak begitu melonjak. Yang menjadi kendala kita kedepan adalah mewaspadai saja, terutama soal transportasi. Tentu juga ada imbauan, supaya masyarakat menjaga keselamatan,” kata Bupati.

Lanjut Bupati, selan itu juga, yang perlu diwaspadai adalah kondisi cuaca saat ini, yang dikhawatirkan menimbulkan bencana banjir dan longsor.

“Kita tentu dari pemerintah daerah juga sudah sampaikan ke Bina Marga, supaya kita siap dengan alat-alat yang memungkinkan kedepan kalau memang dibutuhkan. Tentu dengan kondisi ini, dimana-mana musim banjir, mudah-mudahan lancar semua untuk Natal dan Tahun Baru,” ujarnya.

Sedangkan untuk pengamanan, PH sapaan Paolus Hadi memastikan bahwa seluruh masyarakat Kabupaten Sanggau sudah menyatakan kekompakkannya. Ia pun mengapreseasi hal tersebut.

“Sama-sama ikut membantu parkir, melihat situasi pengamanan dan seterusnya bersama TNI/Polri. Saya rasa ini sudah luar biasa. Tadi ada masyarakat dari beberapa paguyuban mereka menyatakan siap, baik di tingkat kabupaten maupun tingkat kecamatan. Nanti masih ada waktu. Besok ada gelar pasukan untuk melihat kesiapan terakhir,” pungkasnya.

Sementara untuk operasi pasar untuk mengantisipasi lonjakan harga sudah dilakukan. Bupati dua periode ini juga sempat menyinggung soal ketersediaan gas LPG 3 Kg.

“Kalau LGP 3 Kg sudah kita bahas juga. sebenarnya stoknya ada. Ini kan ada soal harga, karena subsidi ini kan peruntukannya harus jelas. Tapi kontrol kita di bawah ini kedepan harus ditingkatkan lagi, supaya yang menggunakan LPG 3 kg betul-betul yang sesuai aturan,” bebernya.(dra)