Singkawang, BerkatnewsTV. Mobile Customer Service (MCS) adalah salah satu program BPJS Kesehatan yang bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada peserta JKN-KIS untuk mengakses pelayanan kepesertaan baik berupa pencetakan Kartu Indonesia Sehat (KIS), perubahan data, ataupun pemberian informasi terkait program JKN-KIS.

Program MCS ini dapat pula dikatakan sebagai program jemput bola BPJS Kesehatan sebagai bentuk komitmen BPJS Kesehatan untuk meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat.

Selasa (17/12) pagi sekali Rita, petugas MCS Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Singkawang sudah bersiap untuk melakukan kegiatan MCS rutin di halaman Kantor Kecamatan Pemangkat.

“MCS kami lakukan dari hari senin hingga jum’at dengan tempat yang berbeda-beda mulai dari sekitar Kota Singkawang, Kecamatan Pemangkat di Kab. Sambas, dan Kecamatan Monterado di Kab. Bengkayang mulai dari jam 08.00 hingga jam 12.00 WIB setiap harinya,” ujar Rita.

“MCS di Kecamatan Pemangkat memang tidak pernah sepi peserta, sudah lebih dari 20 orang yang memperoleh pelayanan,” tambahnya.

Salah satu yang mendapatkan pelayanan adalah pasangan bapak dan anak, Riswan pensiunan PNS dan Saptony, PNS yang bertugas di Pemangkat yang tidak sengaja bertemu di halaman kantor Kecamatan Pemangkat bermaksud untuk mendapatkan pelayanan MCS.

“Mendengar info bahwa BPJS Kesehatan menggelar MCS di Pemangkat saya langsung bergegas kesini, ternyata sudah keduluan oleh ayah saya,” ujar Saptony sambil tertawa.

Ia akui telah menunggu kehadiran MCS BPJS Kesehatan karena ingin mengganti fasilitas kesehatan serta melakukan pencetakan kartu.

“Untuk pergi ke kantor BPJS Kesehatan yang ada di Singkawang ataupun di Sambas tentunya lumayan menyita waktu meningat saya bekerja sebagai PNS di Kecamatan Pemangkat,” ucapnya.

Begitulah kegiatan MCS dimata peserta, mereka berharap BPJS Kesehatan jemput bola ini dapat selalu konsisten memberikan pelayanan serta informasi ter-update kepada masyarakat sampai ke yang paling jauh tinggalnya.(rls)