Kades Tanjung Beringin Yanti yang terpilih untuk kedua kalinya memimpin desa yang masih berstatus desa tertinggal

Kubu Raya, BerkatnewsTV. Yanti adalah satu-satunya kepala desa perempuan yang dilantik dan diambil sumpah oleh Bupati Kubu Raya pada Selasa (17/12). Ia merupakan Kades Tanjung Beringin yang berhasil memenangkan Pilkades Serentak 16 November lalu untuk kedua kalinya dengan meraih 196 suara.

Infrastruktur menjadi salah satu prioritas programnya lantaran belum ada akses utama untuk menuju desa tetangga. “Jadi, bodi jalan yang diprioritaskan. Seperti menuju Desa Betuah dan Desa Sukalanting di Kecamatan Terentang. Selama ini masyarakat hanya melalui jalur air, tidak ada jalur darat,” ungkapnya.

Untuk sektor pendidikan ia sebutkan hanya masih tingkat SD sedang tingkat SMP hingga SMA tidak ada. Sehingga setamat SD mesti mengenyam pendidikan di Tayan Kabupaten Sanggau dan Sui Raya Kubu Raya atau Pontianak.

“Begitu juga dengan bidang kesehatan akan saya usahakan agar dibangun sarana kesehatan supaya masyarakat bisa lebih mudah berobat,” tuturnya.

Terkait pengelolaan dana desa, kades perempuan berusia 41 tahun ini berjanji akan mengelola secara transparan dan objektif.

“Saya janji akan secara transparan supaya masyarakat saya tahu untuk apa-apa saja dana desa itu digunakan. Nilainya selama ini sekitar Rp1,5 miliar,” ucapnya.

Desa Tanjung Beringin terletak di ujung Kecamatan Batu Ampar. Desa berpenduduk 800 jiwa ini masih berstatus desa tertinggal. Aksesnya lebih dekat dengan Kecamatan Terentang ketimbang Kecamatan Batu Ampar, wilayah administrasinya yang berjarak waktu tempuh empat jam.(rob)