Semangat Dasima Jadi Peserta Prolanis, Demi Sehat Kita Tidak Boleh Malas

Singkawang, BerkatnewsTV. Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) adalah suatu sistem pelayanan kesehatan dan pendekatan proaktif yang dilaksanakan secara terintegrasi.

melibatkan Peserta, Fasilitas Kesehatan dan BPJS Kesehatan dalam rangka pemeliharaan kesehatan bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang menderita penyakit kronis untuk mencapai kualitas hidup yang optimal dengan biaya pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien.

Adanya program ini merupakan salah satu upaya memberikan pelayanan yang terbaik bagi peserta JKN-KIS, khususnya pelayanan kesehatan yang lebih komprehensif.

Dasima (51), merupakan salah satu dari sekian banyak peserta JKN-KIS yang aktif dalam Program Prolanis yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan.

“Usia yang sudah tua ini membuat saya sangat menjaga kesehatan diri saya. semenjak saya mengetahui saya memiliki diabetes mellitus, Salah satu cara yang saya lakukan adalah dengan bergabung dengan Klub Prolanis,” ujar.

Wanita berprofesi sebagai petani tersebut mengatakan bahwa dengan mengikuti Klub Prolanis, berarti dirinya mencegah bibit-bibit penyakit yang tumbuh dalam tubuhnya agar tidak semakin memburuk.

Selain itu, ia juga menjadi tahu gejala-gejala penyakit kronis yang rentan terjadi diusianya, serta cara mengatasi penyakit tersebut.

“Program Prolanis ini sangat bermanfaat bagi saya, dengan aktif mengikuti program ini sama artinya saya melakukan pencegahan agar penyakit yang saya derita dapat berkurang karena saya dapat melakukan kontrol secara rutin dan senam secara rutin di puskesmas” ucap Dasima yang merupakan peserta JKN-KIS dari segmen peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) .

Dasima juga menyampaikan bahwa dirinya sangat bersyukur atas hadirnya Program JKN-KIS karena sudah banyak membantu dirinya dan keluarga, terutama diusianya yang sekarang ini.

“Kartu JKN-KIS adalah penolong saya dan suami. Mulai dari sakit ringan hingga yang memerlukan perawatan khusus semua teratasi dengan kartu JKN-KIS. Kami juga tidak pernah dibebankan biaya sedikitpun ketika berobat,” ungkap Dasima.

Pada kesempatan tersebut, Dasima juga mengajak seluruh masyarakat untuk segera mendaftarkan diri menjadi peserta JKN-KIS dan jika sudah terdaftar khususnya untuk kaum lansia segera menjadi peserta Prolanis agar dapat merasakan banyak manfaat seperti yang ia rasakan.

“Saya mengajak seluruh masyarakat yuk yang belum daftar segera daftar, yang sudah lansia seperti saya yuk jangan malas ikut prolanis, untuk sehat itu kita tidak boleh malas, misalnya malas jadi peserta JKN KIS, malas bayar iuran apalagi malas Ikut Prolanis padahal sudah difasilitasi,” tutur Dasima.(rls)

Tulis Komentar