Sekadau, BerkatnewsTV. Bupati Sekadau, Rupinus, batal menghadiri Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan di Desa Persiapan Tigur Jaya Kecamatan Sekadau Hilir, Rabu (11/12) kemarin.

Lantaran jalan poros yang menghubungkan antara desa Timpuk dan desa persiapan Tigur Jaya terendam banjir setinggi 100-120 cm.

Melihat tingginya genangan air tersebut ditambah lagi kondisi air banjir yang semakin naik, Bupati Rupinus memilih batal hadir namun menugaskan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sekadau ST. Emanuel, beserta stafnya untuk hadir mewakili deklarasi ODF.

“Saya tau masyarakat sudah banyak melakukan persiapan demi suksesnya acara deklarasi ODF ini, karena faktor alam seperti ini, apa boleh buat ya, tapi niat kami untuk hadir bersama masyarakat sudah ada. Sekali lagi saya minta maaf,” katanya.

Kendati tidak bisa hadir, ia pun menandatangani piagam penghargaan yang akan serahkan kepada penerima di ujung jalan yang terkena banjir.

Melihat kondisi poros jalan timpuk-tigur jaya yang terendam banjir itu, mendapat respon langsung dari Bupati Rupinus.

Bupati Rupinus  meminta untuk didokumentasi jalan poros Timpuk-tigur jaya yang terendam banjir itu.

“Nanti kita minta dinas terkait untuk menginventarisir lokasi banjir ini. Berapa ketinggiannya lalu berapa panjangnya dan kita data dulu. Karena ini adalah jalur transportasi yang dilalui sehari hari oleh masyarakat,” tutupnya.(her)