Gerhana Matahari Cincin Terlihat di Singkawang

LAPAN Pontianak melakukan pengecekan penempatan teleskop gerhana matahari cincin (GMC) yangterjadi di Kota Singkawang. Foto: Mizar

Singkawang, BerkatnewsTV. Beberapa tim dari LAPAN Pontianak melakukan pengecekan penempatan teleskop gerhana matahari cincin (GMC) yang akan terjadi di Kota Singkawang.

Kota Singkawang menjadi salah satu titik melintasnya GMC di Indonesia, Selasa (26/12). Pemerintah Kota Singkawang akan memaksimalkan fenomena alam yang langka tersebut menjadi sebuah event pariwisata di Kota Singkawang.

Hadi Rasidi, Staff LAPAN Pontianak mengatakan, pihaknya akan meletakkan 2 buah teleskop di 2 titik melintasnya gerhana matahari cincin tersebut.

“Jadi kita akan keluarkan 2 teleskop yang satu untuk streaming. Ini kita letakkan di Masjid Raya Singkawang dan di depan Vihara,” kata Hadi usai mengecek lokasi, Selasa (3/12).

Hadi mengatakan, pemilihan penempatan teleskop memang harus benar-benar diperhatikan.

“Kami harus mencari lokasi yang benar-benar bebas, agar masyarakat juga bisa menikmati tersebut. Bisa dinikmati secara visual langsung namun harus menggunakan kaca mata gerhana, karena kalau dengan mata telanjang akan merusak mata,” bebernya.

Gerhana matahari cincin muncul pada pukul 10.43 WIB, gerhana akan timbul sebagian. Pada pukul 12.41 WIB mulai muncul gerhana cincin, dan puncak gerhana cincin muncul pada pukul 12.42 WIB. Gerhana cincin tersebut akan berakhir pada pukul 12.44 WIB, dan pada pukul 14.31 WIB adalah akhir dari gerhana sebagian.

Sementara itu, bagi yang ingin menikmati gerhana matahari cincin lewat streaming, Lapan Pontianak menyajikan tayangan live streaming lewat kanal YouTube-nya.

“Jadi gerhana matahari cincin ini dapat dinikmati dengan sistem digital dan langsung. Yang akan memantau streaming nanti bisa lewat YouTube gerhana matahari cincin 2020 Singkawang,” tutur Hadi.(mzr)

Tulis Komentar