Ternyata Ini Penyebab Mobil Terbakar di Jalan Supadio

sebuah mobil yang terbakar di sekitar bundaran Transmart Jalan Supadio Kabupaten Kubu Raya pada Jumat (29/11) siang. Foto: Ist

Kubu Raya, BerkatnewsTV. Kejadian sebuah mobil yang terbakar di sekitar bundaran Transmart Jalan Supadio Kabupaten Kubu Raya pada Jumat (29/11) siang mengundang perhatian pengguna jalan bahkan akhirnya viral di dunia maya.

Mobil merek terios dengan nomor polisi KB 1239 WF ini tiba-tiba mengeluarkan asap dari kap mesin sebelum dilalap api.

Pengendara mobil diketahui bernama Fransiskus Junaidi (37) warga Jalan Paris II Komplek Pesona Mutiara Dewata Kota Pontianak.

Ia terkejut ketika melihat kap mesin mobilnya tiba-tiba mengeluarkan asap. Spontan ia langsung menghentikan kendaraannya.

Namun api langsung membesar, akibatnya mobil tidak dapat diselamatkan sehingga bodi mobil hangus.

“Ini karena mesin mobil terlalu panas (overheat),” katanya terlihat panik.

Selang beberapa lama Satuan Polisi Lalu Lintas Polresta Pontianak sedang patroli melihat kejadian itu menghubungi damkar. Satu unit mobil damkar dari Siaga Kubu Raya berusaha memadamkan api.

Atas kejadian itu, Direktur Lalu Lintas Polda Kalbar Kombes Pol Asep Akbar mengimbau kepada pengendara mobil agar mempersiapkan alat pemadam api ringan (APAR) di dalam kendaraan.

‚ÄúDilihat dari kejadian seperti ini, tidak ada salahnya pengendara mobil mempersiapkan apar dalam kendaraannya. Ini untuk menangani kebakaran pada kesempatan pertama,” imbaunya.

Overheat, adalah kejadian mesin kendaraan kepanasan yang disebabkan malfungsi dari sistem pendingin sehingga mengakibatkan suhu mesin menjadi cepat panas.

Dampaknya komponen-komponen di mesin bakal rusak mengingat mesin jantungnya mobil. Resiko ini kerap mengancam para pemilik mobil yang tidak terduga.

Beberapa penyebab terjadi overheat seperti radiator kering, radiator bocor, karet tutup radiator tidak pas, motor fan (kipas) tidak berfungsi, kerusakan pompa air atau thermostat rusak.

“Untuk mencegah terjadi overheat maka mobil harus dilakukan perawatan secara berkala,” kata Akiat salah satu montir mobil di Sui Raya. (rob)

Tulis Komentar