BKPM Targetkan Investasi Kubu Raya Rp5 Triliun

Plt Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kubu Raya Maria Agustina

Kubu Raya, BerkatnewsTV. Kabupaten Kubu Raya salah satu kabupaten yang berkembang menjadi incaran berinvestasi para pelaku usaha dari berbagai sektor.

Menurut Plt Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kubu Raya Maria Agustina, target nilai investasi di Kubu Raya ada dua yakni oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dan RPJMD.

“Kalau dari BKPM di tahun 2019 kita ditargetkan Rp5,3 triliun. Sampai dengan semester ketiga ini baru terealisasi Rp900 miliar belum sampai Rp1 triliun,” jelasnya, Kamis (28/11).

Sedangkan target nilai investasi RPJMD sebesar Rp6,3 triliun. Sebenarnya penambahannya Rp1 triliun dari tahun 2018 lalu. Namun realisasinya sekitar Rp900 miliar.

“Kalau target RPJMD ini sudah hampir tercapai,” ucapnya.

Ada tiga jenis sektor investasi yang berkembang di Kubu Raya yakni sektor primer seperti pertanian atau perkebunan. Sedangkan sektor sekunder antara lain yang berkaitan dengan industrinya. Kemudian sektor tersier seperti perdagangan, jasa, bank, perumahan maupun mal.

Namun sayangnya disebutkan Maria masih banyak pelaku usaha belum menyampaikan laporan realisasi LKPM nya sehingga pihaknya belum dapat mengetahui secara riil capaian nilai investasi seperti yang ditargetkan.

“Padahal investasi di Kubu Raya ini sangat besar hanya laporannya yang belum disampaikan,” ujarnya.

Penyebabnya dikatakan Maria ada beberapa faktor antara lain ketakutan pelaku usaha karena dianggap berkaitan dengan pajak kemudian minimnya pengetahuan pelaku usaha menyampaikan LKPM online.

“Karena itu kami memberikan bimtek kepada pelaku usaha dan memberikan pemahaman tentang penyampaian hasil realisasi invstasinya,” tuturnya.(rob)

Tulis Komentar