450 Personel Satgas Pamtas 643 Selesai Tugas dari Perbatasan

Pangdam XII/Tanjungpura, Mayor Jenderal TNI Muhammad Nur Rahmad, menyambut kedatangan Satgas Pamtas Yonif 643/Wanara Sakti Kodam XII/Tanjungpura, di Lapangan Mayonif 643. Foto: Fisa

Mempawah, BerkatnewsTV. Pangdam XII/Tanjungpura, Mayor Jenderal TNI Muhammad Nur Rahmad, menyambut kedatangan Satgas Pamtas Yonif 643/Wanara Sakti Kodam XII/Tanjungpura, di Lapangan Mayonif 643, Rabu (27/11).

Satgas Pamtas yang berkekuatan 450 personel kembali ke markas setelah sembilan bulan bertugas di perbatasan RI-Malaysia.

“Prajurit Batalyon Mekanis 643/Wns berhasil menyelesaikan tugas Pamtas dengan baik. Seluruh prajurit pulang dalam kondisi selamat dan situasi aman serta kondusif,” ujar Pangdam.

Selama kurang lebih 9 bulan mengemban tugas sebagai Satgas Pamtas, imbuh Pangdam, prajurit Yonif Mekanis 643/Wns menempati 29 pos perbatasan di sektor barat. Kemudian, ada 2 pos gabungan di wilayah Sajingan dan Serawak.

“Pada pos gabungan ini, kita tempatkan 2 prajurit TNI dan 2 prajurit Malaysia,” katanya.

Selain tugas menjaga kedaulatan negara di perbatasan, lanjut Pangdam, tugas lain yang diemban prajurit pamtas yakni melaksanakan fungsi pembinaan nasionalisme, serta teritorial terhadap masyarakat di perbatasan.

“Desa-desa disana, menjadi prioritas TNI melalui program Pengabdian Tanpa Batas Tentara di Perbatasan (Petasan). Tujuan utama kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan kesejahteraan masyarakat perbatasan,” jelasnya.

Pangdam mengungkapkan, selama bertugas Satgas 643/Wns berhasil melakukan pengecekan dan pencatatan seluruh patok wilayah perbatasan yang harus dipertanggungjawabkan.

Satgas, imbuhnya, harus memastikan seluruh patok dalam kondisi semula dan tidak mengalami perubahan atau pergeseran sedikitpun. (fsa)

Tulis Komentar