Pemkot Bersiap Meraih Penghargaan Adipura

Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie saat memimpin Rapat Koordinasi Adipura (Revitalisasi Adipura 2025. Foto: Mizar

Singkawang, BerkatnewsTV. Pemerintah Kota Singkawang saat ini sedang bersiap untuk meraih kembali penghargaan Adipura seperti tahun 2008-2009 silam.

“Saya minta kepada Dinas Lingkungan Hidup untuk melakukan pemilahan sampah Organik dan Anorganik,” kata Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie saat memimpin Rapat Koordinasi Adipura (Revitalisasi Adipura 2025.

Selain itu, dia juga meminta kepada seluruh perangkat untuk membatasi penggunaan kemasan plastik dalam penyelenggaraan rapat atau pertemuan.

Kebersihan Kota Singkawang menjadi tanggungjawab semua pihak. Dengan berubahnya Nomenklatur UPT Kebersihan dan Pertamanan menjadi UPT Pengelolaan Sampah, maka kebersihan bukan hanya menjadi urusan Dinas Lingkungan Hidup saja.

“Hal ini sejalan dengan Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah Pasal 226 yang mengatur bahwa kebersihan merupakan salah satu kewenangan yang dapat diserahkan oleh Wali Kota ke Kecamatan,” ujarnya.

Sementara, Kecamatan dan Kelurahan hendaknya menjadi basis utama dalam peningkatan peran serta masyarakat secara aktif.

“Semoga hal ini menjadi perhatian dan renungan kita semua demi menciptakan Kota Singkawang yang bersih, teduh, indah dan nyaman serta bebas dari sampah,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu juga, dia meminta dari 26 Kelurahan yang ada di Kota Singkawang, agar bisa menggelar lomba kebersihan di tingkat kelurahan masing-masing.

“Dan setiap minggu, ada rapat dan progres yang dilakukan setiap lurah bersama masyarakat di wilayahnya masing-masing,” pintanya.

Menurutnya, untuk meraih Adipura bukanlah hal yang mudah dan tentunya memerlukan proses yang cukup panjang.

Namun, hal ini bukanlah sesuatu yang tidak mungkin jika semua menyatukan komitmen untuk bersama-sama mempersiapkan penilaian Adipura.

Anggota DPRD Singkawang, Muhammadin menyambut baik keinginan pemerintah daerah Kota Singkawang yang ingin mencapai kembali penghargaan Adipura yang pernah Singkawang dapatkan.

“Banyak hal yang ditegaskan oleh kepala daerah agar tercapai tujuan yang diinginkan, tujuan itu tercapai apabila semua aparatur pemerintahan mulai dari dinas yang membidangi sampai camat dan lurah mendengarkan dan bekerja secara ikhlas proposional dalam melaksanakan fungsi agar tercapai tujuan,” katanya.(mzr)

Tulis Komentar