Potensi Menjanjikan di Kubu Raya, Kelompok Usaha Terima Bantuan Perikanan

Kelompok pelaku usaha perikanan usai menerima bantuan foto bersama. Foto: Robby

Kubu Raya, BerkatnewsTV. Kelompok pelaku usaha perikanan yang tersebar di sembilan kecamatan mendapatkan bantuan dari Pemkab Kubu Raya yang diserahkan simbolis oleh Bupati Kubu Raya pada Senin (18/11).

Kelompok yang menerima terdiri dari budidaya ikan 17 kelompok dan perikanan tangkap sekitar 20 kelompok. Bantuan tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

Bantuan yang diterima kelompok pelaku usaha perikanan itu antara lain paket kolam terpal terdiri dari bibit, benih, pakan serta sumplemen. Paket perahu bermotor terdiri dari perahu, mesin dan alat tangkap.

Kelompok Hage Jaya Desa Retok Kecamatan Kuala Mandor B, Habibie mengatakan pihaknya menerima bantuan bibit sebanyak 20 ribu ekor ikan lele dan pakan dua ton. Usaha ternak perikanan ini telah digeluti sejak dua bulan lalu.

“Masyarakat sangat antusias menerimanya. Bahkan bantuan yang kami terima semua sesuai dengan spek, saya sendiri yang langsung menerima dan menanda tanganinya. Jadi, yang sempat viral kemarin itu tidak benar,” tegasnya.

Untuk pangsa pasar ia sebutkan cukup menjanjikan. Dibawa ke Pontianak dengan harga Rp21 ribu per kilo dengan jenis lele dumbo sehingga masa pertumbuhannya sangat cepat.

“Jadi usaha perikanan ini dapat menghidupkan ekonomi 40 kepala keluarga. Kami sangat bersyukur adanya bantuan dari pemerintah,” ucapnya.

Senada juga disampaikan Ibnu Abbas dari Kelompok Harapan Jaya Desa Mega Timur Kecamatan Sui Ambawang menyebutkan kelompoknya telah mengeluti budidaya ikan lele sejak tahun 2010 silam.

“Awalnya kami hanya menggunakan keramba bambu, tapi berkat adanya bantuan pemerintah sekarang usaha kami semakin berkembang dan maju,” ucapnya.

Jumlah keramba yang dikelola sebanyak 100 keramba dengan hasil produksi rata-rata tiga ton per bulan atau sembilan ton setahun dengan masa panen tiga kali.

“Alhamdullilah sekali panen pendapatannya bisa Rp30 juta yang kami bagi untuk 10 KK satu kelompoknya,” terangnya.

Sementara itu Ilyas M Arif dari Kelompok Mina Punggur Desa Punggur Besar Kecamatan Sui Kakap menyatakan kelompoknya beranggotakan 10 KK. Usaha yang digelutinya baru berjalan dua bulan.

“Sekarang kami dapat lagi bantuan 20 ribu bibit ikan lele, pakan dan terpal. Usaha ini jelas membantu pendapatan ekonomi keluarga kami sebab potensinya cukup besar,” pungkasnya.(rob)

Tulis Komentar