Muda Canangkan Wisata Ikan Keramba Milenial

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan saat memberikan bantuan kepada kelompok pelaku usaha perikanan di Kubu Raya. Foto: Robby

Kubu Raya, BerkatnewsTV. Setelah melakukan gerakan wisata tanam padi milenial, terobosan baru akan kembali dicanangkan Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan yakni gerakan wisata ikan keramba milenial.

Sama dengan tanam padi, gerakan wisata ikan keramba ini juga akan menyasar kaum milenial agar termotivasi untuk melirik sektor perikanan sebagai salah satu potensi.

“Sebab sektor perikanan memiliki potensi cukup besar mengingat Kubu Raya merupakan daerah yang geografisnya lebih didominasi perairan sehingga kesempatan untuk memaksimalkannya lebih besar,” katanya usai memberikan bantuan kepada kelompok pelaku usaha perikanan di Kubu Raya, Senin (18/11).

Muda sebutkan potensi perikanan di Kubu Raya antara lain budidaya perikanan, keramba jaring apung, jaring tancap, pembibitan hingga pada pengolahan oleh UMKM.

“Terpentingnya adalah bagaimana pangsa pasarnya stabil maka akan terus bertahan dan berkembang. Ini yang akan kita upayakan agar kelompok pembudidaya dan UMKM bisa terhubung dengan relasi. Ini untuk antisipasi jika harga menurun,” jelasnya.

Dan yang patut menjadi atensi sambung Muda adalah dari aspek kesehatannya. Sehingga produk perikanan tersebut terjamin kesehatannya, baik itu yang masih ikan mentah maupun olahan.

“Jadi, ini juga bisa untuk menekan stunting sebab protein ikan juga tinggi sehingga tidak hanya telur atau kacang hijau,” ujarnya.

Untuk itu Muda meminta agar kaum milenial ikut membantu peningkatan sektor perikanan. Apalagi, saat ini tingkat persaingan di era globalisasi dan digital semakin tinggi.

“Globalisasi dan pasar digital jangan jadikan ancaman akan tetapi tantangan untuk menunjukan daya kreatifitas dan inovasinya. Masing-masing harus bisa memiliki keahliannya, jangan semuanya ditangkap,” jelasnya.(rob)

Tulis Komentar