Desa Rasau Jaya Pelopori Gerakan Donor Darah

Pemerintah Desa Rasau Jaya Satu adakan gerakan donor darah di Kecamatan Rasau Jaya. Foto: Rika
Pemerintah Desa Rasau Jaya Satu adakan gerakan donor darah di Kecamatan Rasau Jaya Kabupaten Kubu Raya KalBar pada hari Kamis (14/11) sekitar pukul 08.00 WIB pagi.
Untuk diketahui, kegiatan ini adalah pertama kalinya diadakan di Kecamatan Rasau Jaya khususnya, agenda ini sudah direncanakan dari tahun lalu.
Desa Rasau Jaya Satu sebagai desa pelopor untuk diadakannya donor darah,bertepatan pada hari Kamis tanggal 14 November 2019 yaitu memperingati Hari Kesehatan Nasional.
Dalam agenda ini seluruh elemen masyarakat menghadirinya seperti petani, ibu-ibu PKK, Puskesmas, LPM, Kapolres, Babinsa, Tarang Taruna, Organisasi Pencak Silat dan anak SMA sederajat.
Sumber dana untuk kegiatan ini dikeluarkan oleh pemerintah desa yaitu melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDES).
Masyarakat sangat antusias sekali menghadiri acara tersebut karena kegiatan kesehatan ini yang sangat menarik, sangat bermanfaat dan baru.
Sebelum melakukan donor darah, masyarakatnya diberikan pemahaman terlebih dahulu mengenai apa itu donor darah, apa saja persyaratannya dan untuk apa manfaatnya juga. Banyak sekali masyarakat yang tidak mengetahuinya.
Ibu Nia satu diantara peserta seminar bertanya “Bukannya donor darah itu bayar ya? dan mahal lagi bayarnya kan?” dengan wajah polosnya beliau bertanya.
Pemateri pun menjelaskan dengan cara pandang yang tenang dan bertutur kata lembut ia mengatakan “Donor darah itu tidak bayar ibu, untuk pendonor itu gratis dan yang memerlukan darah itu bukan bayar untuk beli darahnya akan tetapi untuk mengganti dana seperti kantong darah serta peralatan lainnya” ujar pemateri.
Kades Desa Rasau Jaya Satu mengatakan “Kegiatan ini tidak hanya sekali diadakan namun bersifat kontinu yaitu 3 bulan sekali, agar masyarakat tetap sehat, peduli akan sesama dan aula kantor desa rasau jaya satu sebagai posko tetapnya.
Untuk stok darah di PMI itu tidak ada, maka kami selaku lembaga desa berinovasi dan melopori desa rasau jaya satu adalah satu-satunya desa yang mengadakan donor darah. Ujar Pak Hermanto selaku Kades Desa Rasau Jaya Satu.
Tegasnya juga kami membuka peluang untuk teman-teman yang peduli akan donor darah untuk menjadi Relawan PMI Desa Rasau Jaya khususnya dengan persyaratan identitas diri saja seperti fotocopy KTP, usia 17-50 tahun.
Harapan beliau juga dengan slogan “Mari Donorkan Darah Anda Untuk Sesama” yaitu agar masyarakat desa khususnya kecamatan rasau jaya dengan hati ikhlas, kesadaran diri sendiri mau untuk bersama-sama mendonorkan darahnya selain untuk menolong sesama baik juga untuk kesehatan.(*)

Penulis: Rika Apriyanti
Mahasiswa Jurusan Ilmu Administrasi Publik
Universitas Tanjungpura (Untan)

Tulis Komentar