Pimpinan Definitif DPRD Sekadau Resmi Dilantik

Pimpinan definitif DPRD Kabupaten Sekadau resmi dilantik, Senin (11/11). Prosesi pelantikan yang dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Sanggau, Arif Budiono. Foto: Herry

Sekadau, BerkatnewsTV. Pimpinan definitif DPRD Kabupaten Sekadau resmi dilantik, Senin (11/11). Prosesi pelantikan yang dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Sanggau, Arif Budiono ini dihelat di Ruang Rapat Paripurna Gedung DPRD Kabupaten Sekadau.

Bergantinya tampuk kepemimpinan dari pimpinan sementara ke pimpinan definitif ditandai dengan penyerahan palu sidang oleh Ketua DPRD sementara kepada Ketua DPRD definitif Radius Efendi.

Ketua DPRD Sekadau, Radius Efendi menyatakan komitmennya untuk meningkatkan kualitas dan integritas lembaga legislatif tersebut.

“Di bawah kepemimpinan saya nanti, DPRD Sekadau akan selalu menjalin sinergisitas dengan lembaga-lembaga lainnya, terutama lembaga eksekutif dan yudikatif,” jelasnya.

Radius menambahkan, tugas pertama yang akan dikerjakan oleh pimpinan DPRD Sekadau ialah melaksanakan Rapat Paripurna Pelantikan Anggota DPRD Pengganti Antar Waktu (PAW). Setelahnya, lanjut Radius, barulah pimpinan DPRD membahas sejumlah agenda lain seperti pengesahan tata tertib, pengesahan alat kelengkapan DPRD (AKD), reses dan membahas RAPBD 2020.

“Tugas paling prioritas utama adalah menyusun APBD 2020. Kemarin prosesnya sudah dimulai oleh pimpinan DPRD sementara. Karena keterbatasan kewenangan pimpinan sementara, maka memang harus menunggu dilantiknya pimpinan DPRD definitif,” bebernya.

Bupati Sekadau Rupinus mengatakan proses pelantikan pimpinan definitif DPRD memang sudah seharusnya dilakukan karena terdapat banyak proses yang menunggu untuk dibahas. Kepada para pimpinan DPRD, Rupinus berharap agar segala keputusan dan kebijakan yang diambil nantinya tidak keluar dari RPJMD 2019-2024.

“Ini memang harus segera dilantik karena menyangkut kepastian hukum, menyangkut proses legislasi, penyusunan APBD dan kebijakan strategis lainnya. DPRD harus tetap berjalan pada rel RPJMD. Relnya sudah ada dan ketika kebijakan dibuat, mengarah pada percepatan-percepatan,” tuturnya.

Prosesi pelantikan pimpinan DPRD Sekadau ini juga turut dihadiri Wakil Bupati Sekadau, Kepala Kejaksaan Negeri Sanggau, Asisten Administrasi Pemerintahan Setda Kalbar, dan sejumlah undangan lainnya.

Adapun nama-nama pimpinan DPRD Sekadau yang dilantik yaitu Ketua DPRD Radius Efendi (PDIP), Wakil Ketua I Handi (Partai Gerindra) dan Wakil Ketua II Zainal (Partai Golkar).(her)

Tulis Komentar