Nilai Kepahlawanan Spirit Milenial Menjadi Pahlawan Pembangunan

Bupati Sintang Jarot Winarno saat memimpin upacara Hari Pahlawan

Sintang, BerkatnewsTV. Peringatan Hari Pahlawan bukan semata sebuah acara namun harus sarat makna. Sehingga setiap peringatan Hari Pahlawan harus dapat memunculkan semangat baru bagi generasi milineal dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari.

Hal tersebut dikatakan Bupati Sintang Jarot Winarno usai membacakan Amanat Menteri Sosial RI pada Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019, di Lapangan Makodim 1205/Sintang, Minggu (10/11).

Jarot berpesan, agar nilai kepahlawanan yang diwariskan para pejuang bisa dijadikan spirit untuk mengisi kemerdekaan ini.

“Perang saat ini tidak harus mengangkat srnjata ,sebagai generasi muda penerus bangsa pada zaman sekarang ini wajib mengisi kemerdekaan ini dengan hal-hal yang positif. Karena Indonesia tidak hanya perlu pahlawan kemerdekaan saja. Tetapi juga pahlawan–pahlawan pembangunan. Bagaimana generasi muda bisa mengisi pembangunan disegala bidang dan menjawab segala tantangan global saat ini,” kata Bupati.

Lebih lanjut menurutnya, tanpa pengetahuan dan nilai-nilai kepahlawanan, maka NKRI tidak akan pernah ada. Oleh karenanya, kemajuan dan keberlangsungan NKRI adalah tanggung jawab bersama. Maka, untuk tetap menjaga tegaknya NKRI.

Saat ini bangsa Indonesia membutuhkan sosok pemuda yang mempunyai jiwa patriotisme, memiliki jati diri, pantang menyerah, berdisiplin, berkarakter, menguasai ilmu pengetahuan dan mempunyai pandangan global, untuk membebaskan negeri ini dari kemiskinan, kebodohan, serta bahaya narkoba.

Disamping itu Jarot menegaskan, peringatan hari pahlawan bukan hanya sebagai prosesi, namun substansi setiap peringatan Hari Pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahwalanan dalam kehidupan sehari hari di masyarakat.

“Biarpun eranya berbeda, kalau pada zaman dahulu rasa persatuannya sangat kuat dalam melawan penjajah, namun di zaman sekarang ini dapat di implementasikan dengan kegiatan positif. Contohnya dengan peduli terhadap kebersihan lingkungan serta ikut menjaga kelestarian alam sekitar. Dengan cara-cara seperti itu bisa juga disebut pahlawan masa kini,” tegasnya.(sus)

Tulis Komentar