Dana BOS Triwulan IV Belum Cair

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang Yustinus J

Sintang, BerkatnewsTV. Pencairan dana BOS reguler Kabupaten Sintang sampai triwulan ke III sudah 100 persen.

Menurut Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang Yustinus J, untuk triwulan ke IV sampai saat ini belum ada proses pencairan karena masih menunggu transferan dari pusat atau provinsi.

“Saya sudah konfirmasi dengan tim pengelola dana BOS, bahwa untuk dana BOS reguler yang ada di Sintang, laporan pencairan sampai triwulan ke III sudah mencapai 100 persen. Yang laporan online sudah masuk semua,” bebernya.

Untuk penggunaan dana BOS ini sesuai dengan Rencana Kerja Sekolah (RKS), yang biasanya bersifat fisik untuk pemeliharaan sekolah tersebut.

“secara penggunaan tentu mnegacu pada juknis BOS yang ada, yang sesuai dengan RKS sekolah, sedangkan yang fisik sifat hanya untuk pemeliharaan saja,” ungkapnya.

Sedangkan yang untuk non fisik lebih untuk perbaikan mutu pendidikan, kegiatan ekstra kurikurel, ataupun yang lain, seperti peningkatan kompetisi siswa dan guru lebih khusus.

“ada juga untuk anak yang tidak mampu, dan 20 persen untuk pengadaan buku refrensi perpustakaan atau buku paket sekolah,” terangnya

Sampai saat ini tidak ada kendala proses pencairan dan BOS ini, dan dana BOS ini langsung masuk ke rekening koran sekolah yang bersngkutan. Namun dana BOS bisa juga ter-delete jika tidak sesuai dengan RKS. Karena semuanya masuk dalam aplikasi.

“proses pencairan langsung ke rekening koran sekolah masing-masing, jadi sekolah secara langsung bisa mengambil di bank. Ketika pelaporan tidak sesuai dengan RKS, maka secara otomatis tidak bisa masuk dalam aplikasi. Laporan secara online lebih memudahkan kita semua, jadi terta dan terdeteksi. Dapat juga meminimalisir penyelewengan dari pihak sekolah,” ungkap Yustinus J.

Jumlah sekolah penerima dana BOS triwulan ke III di Kabupaten Sintang.

Jumlah SD Negeri sebanyak 420 sekolah total dana BOS Rp42.448.000.000

Jumlah SD Swasta sebanyak 10 sekolah total dana BOS Rp1.585.600.000

Jumlah SMP Negeri sebanyak 106 sekolah total dana BOS Rp 19.726.000.000

Jumlah SMP Swasta sebanyak 14 sekolah total dana BOS Rp1.669.000.000.

Total dana BOS terealisasi Rp65.468.600.000.(sus)

Tulis Komentar