Potensi Lahan Pertanian di Kubu Raya 36 Ribu Ha

Bupati Kubu Raya dan Kepala Dinas Pertanian saat meninjau lahan pertanian di Sui Kakap. Foto: Ist

Kubu Raya, BerkatnewsTV. Pemkab Kubu Raya telah mencadangkan potensi lahan pertanian seluas 36 ribu hektar. Dari jumlah itu, dikatakan Kepala Dinas Pertanian Kubu Raya Gandhi Satyagraha yang telah dialokasikan oleh Kementerian ATR/BPN seluas 28.900 ha.

“Jumlah itu sudah diverifikasi oleh kementerian. Kemudian kita melihat lagi bahwa masih ada sekitar 7 ribu hektar potensi lahan pertanian. Ini juga berdasarkan hasil verifikasi dan inventarisasi dari Dinas Pertanian Kalbar,” ungkapnya.

Namun, yang akan menjadi fokus utama adalah 28 ribu hektar. Dengan target yang akan dicapai adalah swasembada pangan. Dimana hasil yang diperoleh rata-rata 3,5 ton per hektar sekali tanam. Maka jika pola tanam dua kali setahun akan diperoleh 7 ton per hektar.

Potensi lahan pertanian itu disebutkan Gandhi tersebar di sembilan kecamatan. Maka pihaknya akan mengambil langkah untuk menjadikan kawasan-kawasan itu sebagai sentra pangan.

“Diantaranya di Sui Kakap, Sui Raya, Kuala Mandor B, Kubu, Batu Ampar dan Terentang. Kalau di Sui Ambawang dan Teluk Pakedai ada tapi kecil,” jelasnya.

Strategi terhadap sentra pangan itu sambung Gandhi adalah intensifikasi dengan pola tanam dua kali setahun. Di situ nantinya penyuluh akan terus melakukan pendampingan.

“Selain itu infrastrukturnya juga akan dibangun dan diperbaiki seperti pintu air, tanggul, coldstorage dan irigasinya. Sumber dananya berasal dari APBN dan APBD,” bebernya.

Diakui Gandhi untuk alokasi anggaran yang bersumber dari APBD diperkirakan akan terjadi peningkatan tiga kali lipat dari anggaran tahun sebelumnya.

“Artinya dari sisi anggaran kita sudah mendapat dukungan, tinggal langkah strategis yang akan kita gencarkan,” ujarnya.(rob)

Tulis Komentar