Perjalanan Dinas Dipangkas Dialihkan Untuk Tukin

Bupati Kubu Raya saatmenyampaikan nota pengantar keuangan kepada pimpinan DPRD Kubu Raya. Foto: Ist

Kubu Raya, BerkatnewsTV. Untuk efisiensi anggaran, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan akan melakukan pemangkasan terhadap perjalanan dinas ASN di setiap OPD pada tahun anggaran 2020 mendatang.

“Tahun 2019 ini memang sangat besar perjalanan dinas, diperkirakan mencapai Rp50 miliaran. Kita pangkas ya sekitar Rp15-20 miliar,” kata Muda.

Tim anggaran dikatakan Muda akan melakukan penyisiran dan membedah RKA satu per satu di setiap OPD. Sehingga perjalanan dinas tersebut benar-benar digunakan untuk keperluan yang penting.

“Jangan sampai perjalanan dinas itu dipaksakan. Yang mestinya berangkat dua orang tapi enam orang, yang harusnya berangkat tiga orang tapi berangkatnya sepuluh orang. Itu kan sama saja dengan mubazir,” tegasnya.

Biaya perjalanan dinas yang dipangkas itu disebutkan Muda akan dialokasikan untuk tunjangan kinerja pegawai. Tujuannya agar pegawai berlomba-lomba meningkat kinerjanya.

“Sehingga pegawai mendapatkan tambahan pendapatan dari tunjangan itu. Jadi tambahan pendapatan itu benar-benar dari kinerja yang mereka lakukan,” tuturnya.

Dengan begitu maka, disebutkan Muda, orientasi pegawai tidak hanya selalu dengan perjalanan dinas semata namun benar-benar dalam rangka peningkatan kinerja dan kapasitas SDM pegawai.

“Dampak dari semua ini yang kita harapkan adalah peningkatan pelayanan terhadap masyarakat. Dengan begitu maka akan terjadi percepatan proses pembangunan,” pungkasnya.(rob)

Tulis Komentar