MTQ Sarana Syiar Islam

Pemukulan beduk oleh Wakil Bupati Mempawah sebagai tanda dimulainya MTQ tingkat Kabupaten Mempawah di Kecamatan Toho. Foto: Fisa

Mempawah, BerkatnewsTV. Wakil Bupati Mempawah M Pagi apresiasi digelarnya Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-31 tingkat Kabupaten.

Muhammad Pagi berharap, melalui kegiatan ini syiar agama Islam di Kabupaten Mempawah dapat semakin berkibar, serta menghasilkan para peserta terbaik yang siap tampil membawa nama daerah dalam MTQ tingkat provinsi Kalimantan Barat, yang akan dilaksanakan di Kabupaten Sekadau pada tahun 2020 mendatang.

“Mari kita jadikan momentum pelaksanaan MTQ sebagai sarana untuk menggali potensi qori-qoriah daerah dalam membaca, menulis, memahami dan mengamalkan Alquran, serta sebagai media untuk mewujudkan masyarakat Kabupaten Mempawah yang beriman, bertaqwa dan berahklak mulia,” kata usai membuka MTQ ke-31 Sabtu (2/11) yang ditandai dengan pemukulan beduk.

Camat Toho, Ferdinanda, mengatakan rangkaian penyelenggaraan MTQ ke-31 tingkat Kabupaten Mempawah di Kecamatan Toho dimulai dengan pelantikan dewan hakim yang bertugas memberikan penilaian atas penampilan seluruh kafilah. Dilanjutkan pelepasan pawai taaruf dan pembukaan pameran MTQ.

“Pelaksanaan MTQ ke-31 memperlombakan 5 cabang yaitu tilawatil quran dengan sejumlah golongan dan tingkatan usia, kemudian hifzil quran, fahmil quran, syahril quran, khatil quran dan musabaqah hadist. Selain itu juga juga ada penilaian terhadap penampilan peserta pawai taaruf dan stan pameran,” ucapnya.

Usai pemukulan beduk, Muhammad Pagi didampingi Ketua DPRD, H Ria Mulyadi dan Kepala Kantor Kementerian Agama Mempawah, H Kamaluddin kemudian menyerahkan piala bergilir kepada Ketua LPTQ Mempawah, H Ismail. (fsa)

Tulis Komentar