Akses Infrastruktur ke Sui Tebidah Hancur

Kondisi infrastruktur jalan ke Sui Tebidah Kecamatan Kayan Hulu Kabupaten Sintang yang hancur dan rusak parah. Foto: Ist

Sintang, BerkatnewsTV. Anggota DPRD Sintang Hikman Sudirman mengakui kalau akses jalan khususnya ke hulu Sungai Tebidah Kecamatan Kayan Hulu perlu perhatian serius.

Selaku wakil rakyat dari daerah pemilihan (Dapil) Kayan Hulu-Kayan Hilir, Sudirman mengatakan dirinya kerap menyuarakan persoalan tersebut melalui berbagai forum. Salah satunya saat pandangan umum sidang paripurna di DPRD Sintang.

“Di pandangan umum, masalah ini sudah beberapa kali saya sampaikan,” kata Hikman Sudirman.

Politisi Partai Demokrat ini menuturkan bahwa dirinya pernah mendengar infomasi kalau jalan menuju Tanjung Miru di hulu Sungai Tebidah akan ditangani melalui APBD Perubahan.

“Kalau ndak salah, anggarannya sudah masuk tahun ini. Cuma kembali lagi ke pemerintah bisa atau tidak melaksanakannya diakhir tahun anggaran ini. Karena yang saya dengar, Unit Layanan Pengadaan (ULP) tidak berani melakukan tender ini,” ujarnya.

Ia mengaku tidak tahu persis berapa pagu anggaran untuk perbaikan jalan menuju Desa Tanjung Miru. “Angka pasti saya tidak tahu, Tapi, akses menuju Tanjung Miru termasuk ruas jalan yang ditangani. Di Tebidah hampir merata lah ruas-ruas jalan yang masuk,” bebernya.

Sudirman menilai, banyak askes jalan di Kabupaten Sintang perlu penanganan serius. Salah satunya akses ke Nanga Tebidah Kecamatan Kayan Hulu. Untuk Kecamatan Kayan Hilir, daerah Barai maupun Lebang yang aksesnya sulit juga perlu ditangani oleh pemerintah.

“Khusus jalan-jalan di hulu Sungai Tebidah memang masih rusak. Untuk daerah yang dimasuki investor sawit, akses lebih terbuka. Lain halnya dengan daerah yang belum masuk sawit. Keluhan masyarakat selama ini memang soal jalan rusak. Namun, kita selalu terbentur dengan anggaran yang terbatas,” pungkasnya.(sus)

Tulis Komentar