Kepala Desa Parit Baru saat sesi wawancara dari Pusdatin Kemendes terkait bank sampah yang akan masuk dalam pendataan bursa inovasi nasional. Foto: Ist

Kubu Raya, BerkatnewsTV. Desa Parit Baru menjadi salah satu desa yang didata oleh Pusdatin Kementerian Desa untuk masuk dalam bursa inovasi nasional.

Desa yang terletak di Kecamatan Sui Raya Kabupaten Kubu Raya ini mewakili Kalimantan Barat dengan menampilkan salah satu inovasi terbaiknya yakni bank sampah.

“Pendataan dari Pusdatin Kemendes ini sudah berlangsung selama lima hari. Mereka melihat langsung inovasi yang ada di desa kami yaitu bank sampah terintegrasi dengan Posyandu,” ungkap Kepala Desa Parit Baru, Musa, Minggu (27/10).

Dikatakan Musa, di bank sampah ini mengelola sampah-sampah yang dibuang masyarakat untuk kemudian dipilah-pilah sampah organik dan nonorganik.

“Jadi sampah yang dibuang masyarakat tidak lagi perlu jauh-jauh sebab kalau sampah itu dibuang begitu saja tidak akan ada nilainya akan tetapi kalau dibawa ke bank sampah ini maka akan ada nilai rupiahnya,” terangnya.

Musa mempercayakan pengelolaan bank sampah ini kepada masyarakat. Namun ia memberikan dukungan berupa alokasi anggaran dari dana desa sehingga usaha tersebut bisa lebih jauh berkembang.

“Harapannya semoga kedepannya bank sampah bisa lebih eksis lagi dalam perubahan kebersihan yang ada di lingkungan maayarakat,” harapnya.

Desa Parit Baru telah dikenal sebagai salah satu desa di Kabupaten Kubu Raya yang kerap berani melakukan terboosan baru. Diantaranya bantuan beasiswa untuk pelajar yang tidak mampu, membentuk BUMDes dan pengelolaan transaksi keuangan nontunai serta transparansi pengelolaan dana desa.(rob)