Description

Istana Amantubillah Gelar Ritual Pencucian Pusaka

Puluhan senjata pusaka berusia ratusan tahun milik Istana Amantubillah Mempawah, Senin (21/10), sekitar pukul 15.30 WIB dibawa ke Benteng Kota Batu, Kelurahan Pulau Pedalaman, Kecamatan Mempawah Timur, untuk dicuci. Foto: Ist

Mempawah, BerkatnewsTV. Puluhan senjata pusaka berusia ratusan tahun milik Istana Amantubillah Mempawah, Senin (21/10), sekitar pukul 15.30 WIB dibawa ke Benteng Kota Batu, Kelurahan Pulau Pedalaman, Kecamatan Mempawah Timur, untuk dicuci.

Mencucinya juga tidak boleh sembarangan, tetapi harus melalui ritual khusus dan menggunakan bahan-bahan khusus pula.

Prosesi upacara pencucian senjata pusaka seperti pedang, tombak, keris serta meriam Sigonda dan Raden Mas dimulai dengan pembacaan doa.

Usai doa kepada Allah dipanjatkan, satu persatu senjata pusaka kemudian dicuci dan dibersihkan oleh pihak istana menggunakan air yang dicampur potongan jeruk nipis, bunga tujuh warna dan air mawar di dalam wadah khusus.

Secara perlahan senjata dimasukan satu-persatu ke dalam wadah air yang sudah dicampur bahan khusus tersebut. Mengingat senjata pusaka itu sudah berusia ratusan tahun, membersihkannya tentu harus dilakukan secara seksama dan penuh kehati-hatian, menggunakan potongan jeruk nipis dari atas ke bawah.(fsa)