Drama Walk Out Warnai Pemilihan Badan Kehormatan DPRD Sekadau

DPRD Sekadau menggelar rapat pemilihan struktur Badan Kehormatan namun diwarnai aksi walk out dari Fraksi PDIP. Foto: Herry

Sekadau, BerkatnewsTV. Fraksi PDIP melakukan walk-out dari paripurna setelah menyampaikan sikap politiknya dan fraksi Hanura tidak ikut dalam rapat penentuan Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Sekadau.

Sidang paripurna alat kelengkapan DPRD berlangsung di Ruang Rapat Paripurna DPRD Sekadau, Selasa (22/10).

Sidang Paripurna yang berjalan alot ini dihadiri 21 orang anggota DPRD yang beragendakan pemilihan Badan Kehormatan (BK) dan Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Sekadau.

Pemilihan Badan Kehormatan diputuskan melalui voting karena tidak tercapai keputusan mufakat.

Tiga nama teratas yang terpilih berdasarkan hasil voting Badan Kehormatan yakni Muhamad Jais (PAN) dengan 18 suara, Timotius Ase (Perindo) 18 suara, dan Abang Ramli 17 suara.

Sementara Muslimin (Golkar) mendapat 4 suara, serta Hermanto (PDIP) 3 suara.

Adapun komposisi Badan Kehormatan DPRD Sekadau yakni Muhamad Jais sebagai ketua , Abang Ramli sebagai wakil ketua, dan Timotius Ase anggota.

Wakil ketua sementara DPRD Sekadau, Handi yang memimpin paripurna mengatakan Badan Kehormatan DPRD Sekadau beranggotakan tiga orang, masing-masing ketua, wakil ketua dan anggota.

Hal tersebut dikarenakan jumlah kursi DPRD Sekadau tidak sampai 35 kursi.

“Kita melaksanakan paripurna untuk mempercepat pembentukan alat kelengkapan dewan,” ujar Handi.

Setelah itu ditentukan Bapemperda DPRD Sekadau sudah disepakati melalui musyawarah. Adapun Subandrio dari fraksi Nasdem terpilih sebagai ketua Bapemperda, serta Yosef Sumardi dari fraksi PKPI sebagai wakil ketua.

Fraksi PDIP yang sebelumnya tidak hadir, kemudian mengutus perwakilannya yakni Bambang Setiawan setelah paripurna diskors 10 menit.

Perwakilan fraksi PDIP, Bambang Setiawan menyampaikan bahwa PDIP meminta agar paripurna diskors sampai waktu yang tidak ditentukan.

Alasannya, kata Bambang, ada beberapa nama anggota fraksi PDIP yang diusulkan sebagai calon anggota alat kelengkapan dewan tidak hadir.

Selain BK dan Bapemperda, alat kelengkapan dewan lainnya seperti fraksi dan komisi-komisi juga sudah dibentuk.

Komponen komisi DPRD Sekadau dibagi menjadi tiga, masing-masing komisi I, II dan III.

Komisi I diketuai oleh Yohanes Ayub (Nadsem), Yosef Sumardi (F Persatuan) wakil ketua, dan Hans Christian (PDIP) sekretaris.

Komisi II diketuai Yodi Setiawan (Gerindra), L Ardi Wiranata (F Persatuan) wakil ketua, dan Moloi (Demokrat) sekretaris.

Sedangkan komisi III diketuai oleh Hasan (Demokrat), Harianto (Gerindra) wakil ketua, dan Teguh Arif Hardianto (Nasdem) sekretaris.(her)

Tulis Komentar