Kejar Akreditasi Paripurna, Puskesmas Sui Durian Dinilai Surveyor Kemenkes

Tim Surveyor Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Kementerian Kesehatan RI pun mendatangi Puskesmas Sungai Durian Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya. Foto: Ist

Kubu Raya, BerkatnewsTV. Puskesmas Sui Durian salah satu puskesmas yang ada di Kubu Raya untuk naik status dengan mengejar akreditasi paripurna dari akreditasi madya yang disandang saat ini.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kubu Raya Marijan mengungkapkan, sejak Puskesmas Sungai Durian mendapatkan akreditasi madya tiga tahun lalu, telah ada rekomendasi awal dari akreditasi ke re-akreditasi.

Rekomendasi tersebut wajib untuk dilaksanakan oleh puskesmas. Dengan pendampingan dari Dinas Kesehatan Kabupaten.

“Itu sangat penting. Kekurangan-kekurangan, kelengkapan sarana prasarana, kemudian sumber daya manusia kesehatan, dan hal-hal yang berkaitan dengan pelayanan. Karena yang namanya re-akreditasi ini kan meningkatkan mutu pelayanan yang ada di puskesmas,” terangnya.

Ia menyebutkan Puskesmas Sui Durian memang ditargetkan untuk mengejar akreditasi paripurna.

Alhasil, Tim Surveyor Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Kementerian Kesehatan RI pun mendatangi Puskesmas Sungai Durian Kecamatan Sungai Raya, Kamis (17/10).

Kedatangan Tim untuk melakukan penilaian re-akreditasi Puskesmas Sungai Durian. “Mudah-mudahan dari madya bisa ada lompatan ke paripurna,” harap Marijan.

Kepala Puskesmas Sungai Durian Yudi Paulian Heriwibowo optimis Puskesmas Sungai Durian mampu melompati akreditasi utama dan mencapai akreditasi paripurna.

“Masalah tingkatan dari madya ke paripurna memungkinkan saja. Tergantung dari hasil yang kita dapatkan dari penilaian surveyor. Jadi tidak masalah. Kalau ada lompatan, berarti kan ada perubahan perbaikan mutu pelayanan di puskesmas. dan itu sangat baik,” katanya.

Ia sebutkan prinsip akreditasi adalah mencatat apa yang dilakukan dan melakukan apa yang dicatat.

“Jadi itu sudah kegiatan rutin dari program puskesmas. Di mana harapannya apa yang sudah kita lakukan itu sesuai dengan standar maksimal dari Permenkes Nomor 75 Tahun 2014 tentang Puskesmas,” bebernya.(rob)

Tulis Komentar