Hanya Lima Desa Mandiri di Sanggau

Bupati Sanggau Paolus Hadi bersama unsur forkompinda saat memimpin rakor camat. Foto: Abang Indra

Sanggau, BerkatnewsTV. Bupati Sanggau Paolus Hadi mengungkapkan tahun ini di Kabupaten Sanggau ada 5 Desa mandiri, 19 Desa maju, 66 Desa berkembang dan 76 Desa tertinggal.

“Untuk mewujudkan Desa mandiri, semua stakeholder terkait bekerja sama. Harus kita koordinasikan karena kita punya peran masing-masing,” katanya disela rakor bersama camat, Senin (14/10).

Berdasarkan Indeks atau indikator dalam bidang ketahanan sosial yang terdapat di dalam dimensi rasa aman kepada masyarakat maka adapun indikator itu nanti akan di bahas sehingga jelas peran masing-masing, baik kepolisian. TNI, Kejaksaan dan Pengadilan.

“Warga desa nembangun pemeliharaan siskamling lingkungan misalnya, partisipasi warga mengadakan siskamling, tingkat kriminalitas di desa dan tingkat konflik yang terjadi di desa. Itu beberapa indikator,” kata PH sapaan akrab bupati.

PH meminta seluruh audien fokus membicarakan desa mandiri agar di Kabupaten Sanggau ini bertambah desa mandirinya tahun depan.

“Target kita desa tertinggal jadi berkembang, berkembang jadi maju dan maju menjadi mandir, itu target kita,” harapnya.

Dikatakan PH, ada 52 indikator untuk mewujudkan desa mandiri. Oleh karenanya butuh kerjasama semua pihak.

“Saya kira ini gampang ketika kita melihat RPJMD Kabupaten Sanggau sekaligus kalau di OPD tugas fungsi kalian masing-masing untuk menyusun 52 indaktor,” pungkasnya.(dra)

Tulis Komentar