Realisasi Bedah Rumah di Kubu Raya Sebanyak 6.004 Unit

Tim teknis sedang melakukan pendataan dan verifikasi terhadap warga yang akan mendapatkan bantuan bedah rumah. Foto: Ist

Kubu Raya, BerkatnewsTV. Sejak dimekarkan dari Kabupaten Mempawah, sebanyak 6.004 unit rumah di Kubu Raya telah mendapatkan bantuan Rumah Tak Layak Huni (RTLH) atau yang kerap disebut bedah rumah dari Pemkab Kubu Raya.

“Dari tahun 2009-2019 sudah 6.004 rumah yang sudah direalisasikan mendapatkan bantuan bedah rumah,” ungkap Ketua Tim Teknis Bantuan Rumah Tak Layak Huni Kabupaten Kubu Raya. Juni Wardana, Minggu (13/10).

Jumlah itu bersumber dari APBD sebanyak 579 rumah dan dri APBN sebanyak 5.425 unit rumah. Semuanya tersebar di sembilan kecamatan yang ada di Kabupaten Kubu Raya.

“Sedangkan untuk tahun ini sebanyak 1.330 rumah tersebar di 5 kecamatan 18 desa. Sedangkan yang belum ditangani datanya sebanyak 6.069 unit tersebar di sembilan kecamatan. Namun datanya terus diup date setiap tahun,” tambahnya.

Konsepnya secara gotong royong tapi tetap menggunakan tukang karena ada upah tukangnya. Nilai nominal bantuan yang dikucurkan sebesar Rp17,5 juta terbagi Rp15 juta untuk pembelian bahan material dan Rp2,5 juta untuk upah tukang.

“Bantuannya berupa uang yang dibuatkan rekening, tapi masyarakat tidak bisa mengambil cash. Untuk material langsung ditransfer ke toko bangunan yang sudah ditunjuk oleh penerima bantuan,” jelasnya.

Bantuan dikucurkan secara dua tahap. Tahap pertama untuk material diantar 50 persen setelah selesai lalu ditransfer Rp7,5 juta ke toko bangunan setelah selesai 30 persen fisik bangunan baru diantar material tahap 2.

“Proses pembangunan diawasi terus oleh tim bekerja sama dengan RT dan desa yang dibantu oleh masyarakat setempat,” pungkasnya.(rob)

Tulis Komentar