Penyerahan buku dari Kepala Balai Bahasa Kalbar kepada Sekda Pemkot Singkawang disela Penyuluhan Bahasa Indonesia. Foto: Mizar

Singkawang, BerkatnewsTV. Penerapan Bahasa Indonesia yang benar di setiap lingkungan pemerintahan menjadi harapan dari Balai Bahasa Provinsi

Jadi penekanannya, kata Kepala Balai Bahasa Provinsi Kalbar, Aminulatif bagaimana semua pihak tetap menggunakan Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Negara Indonesia.

Terlebih instansi pemerintah, merupakan unit kerja yang memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Sehingga, komunikasi bisa dilakukan dengan baik apabila pesan pokoknya tersampaikan dan informasinya bisa dipahami serta tidak bias,” terangnya saat penyuluhan Bahasa Indonesia, Senin (23/9).

Maka ia berharap pemahaman atau penyegaran dalam kegiatan penyuluhan seperti ini perlu dilakukan karena layanan kepada masyarakat selain dalam bentuk tulisan juga dalam bentuk lisan.

“Lisan ini kita harapkan bagi ASN harus menggunakan Bahasa Indonesia. Jadi tidak menggunakan bahasa daerah ataupun bahasa asing,” harapnya.

Sekretaris Daerah Pemkot Singkawang, Sumastro berharap masing-masing instansi maupun personal khususnya yang bergerak di badan publik ini tentunya harus dilakukan pemeliharaan dan peningkatan kapasitas berbahasa Indonesia.

“Sehingga melalui kegiatan yang digelar merupakan bagian dari atmosfer yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan berbahasa Indonesia yang baik dan benar,” ujarnya.

Harapannya sambung Sumastro, peserta yang mengikuti bisa berbahasa Indonesia pada ruang publik dan masyarakat harus mendukung itu.(mzr)