Description

Kualitas Udara Sangat Tidak Sehat, Karhutla Semakin Mudah Terjadi

Pontianak, BerkatnewsTV. Sementara itu hasil pemantauan BMKG terhadap kualitas udara pada hari Minggu (15/9) telah memasuki level sangat tidak sehat.

Dimana grafik PM10 telah berada di warna merah yang menandakan Nilai Ambang Batas (NAB) konsentrasi partikulat PM10 atau polusi udara telah melebihi 275,63 ugram/m3

Pantauan Kualitas udara siang hari ini berdasarkan data PM10 di Stasiun Klimatologi Mempawah (di Jungkat, Kec. Siantan) menunjukkan kriteria SANGAT TIDAK SEHAT,

Diprakirakan kondisi kualitas udara yang tidak baik ini masih bisa berlangsung hingga 6 hari ke depan,

Sedangkan untuk jarak pandang, BKMG merilis tidak hanya di Bandara Supadio yang jarak pandangnya di bawah batas untuk operasional take off dan landing pesawat, tapi juga di Bandara Rahadi Oesman Ketapang, Bandara Tebelian Sintang, dan Bandara Pangsuma Putussibau.

Diprakirakan kondisi seperti ini masih akan berlangsung hingga 6 hari ke depan. Hingga tanggal 20 September 2019 masih berpotensi mudah hingga sangat mudah terjadi kebakaran hutan dan lahan jika ditinjau dari analisis parameter cuaca.

Hujan diprakirakan baru akan turun di sebagian besar wilayah Kalbar Tanggal 20 September 2019 mulai siang hingga malam hari.(rob)