Saber Pungli Kalbar Lakukan 2.911 Kegiatan Pencegahan Korupsi di Kantor Pelayanan Publik

Tim Saber Pungli Kalbar saat meninjau instansi Pemerintah Provinsi Kalbar dalam memberikan pelayanan publik kepada masyarakat tanpa adanya unsur korupsi. Foto: Ist

Kubu Raya, BerkatnewsTV. Tim Saber Pungli Kalbar lebih fokus melakukan pencegahan korupsi terhadap institusi pemerintahan yang menjalankan pelayanan publik.

Tim Ahli Pencegahan Tim Saber Pungli Kalbar Turiman mengatakan pencegahan yang dilakukan diantaranya seperti sosialisasi maupun penyuluhan ke sejumlah instansi pemerintahan.

“Misalnya di Disdukcapil, Dispenda, BPMPT, BPN, dan lain sebagainya. Lembaga-lembaga ini memberikan pelayanan publik yang biasa adanya biaya-biaya,” tuturnya ditemui Selasa (11/6) di Kubu Raya.

Selain itu sambung Turiman, Tim Saber Pungli juga melihat bagaimana prosedur lain yang diterapkan seperti jenis pelayanan, sarana dan prasarana, termasuk untuk lansia, biaya, SOP, rentang waktu penyelesaian, maupun produk yang dikeluarkan.

“Jadi semua maklumat pelayanan publik seperti yang tercantum dalam UU No 25 tahun 1999 tentang Pelayanan Publik harus ditampilkan di depan kantornya sehingga bisa dibaca dan diketahui masyarakat,” terangnya.

Sepanjang tahun 2019 hingga bulan Mei disebutkan Turiman, divisi pencegahan telah melakukan sebanyak 2.911 kegiatan pencegahan yang tersebar di 14 kabupaten/ kota.

Antara lain di Provinsi Kalabr 3 kegiatan, Kota Pontianak, 431 kegiatan, Mempawah 106 kegiatan, Singkawang 54 kegiatan, Sambas 78 kegiatan, Bengkayang 73 giat, Landak 427 giat, Sanggau 565 giat.

Kemudian di Kabupaten Sekadau 185 kegiatan, Melawi 363 giat, Sintang 92 giat, Kapuas Hulu 156 giat, Ketapang 267 giat dan Kayong Utara 131 kegiatan.(rob)

Tulis Komentar