Kaca Masjid At-Taqwa Jalan Tebu Kelurahan Sungai Beliung Pontianak Barat yang dipecahkan oleh orang yang diduga stres, Jumat (1/3) tengah malam. Foto: Ist

Pontianak, BerkatnewsTV. Telah terjadi pemecahan kaca Masjid At-Taqwa Jalan Tebu Kelurahan Sungai Beliung Pontianak Barat oleh orang yang diduga stres, Jumat (1/3) tengah malam.

Menurut saksi mata Jefri (48) penjaga keamanan malam di wilayah sekitar masjid tersebut, pelaku dikira masuk masjid untuk beribadah.

“Sekitar setengah 11 malam ada motor yang berhenti di depan masjid, kemudian orang tersebut membuka pagar dan langsung ke dalam masjid. Melihat pintu depan masuk masjid yang terkunci, pelaku langsung memukul pintu yang terbuat dari kaca dengan menggunakan tangan kosong hingga pecah,” jelasnya, Sabtu (2/3)

Kemudian pelaku hendak masuk ke ruangan dalam masjid dan kembali melakukan hal yang sama. Ketika sudah masuk ke dalam masjid, pelaku sempat mengumandangkan azan.

“Saya biarkan dulu dia selesai azan, baru setelah selesai pelaku tersebut saya tarik keluar untuk dimintai keterangan karena kita mikirnya dia memecahkan kaca seperti maling,” lanjutnya.

Karena dugaan tersebut, massa yang sudah berkumpul di luar sempat melakukan pemukulan terhadap pelaku karena dianggap melakukan tindakan kriminal dengan memecahkan dua pintu kaca yang ada di masjid tersebut.

Ketika diperiksa, identitas pelaku lengkap mulai dari KTP, SIM, ATM, hingga uang tunai sekitar satu juta rupiah, serta didalam jok motor pelaku ditemukan kaos dan celana jeans dan tidak ditemukan barang berbahaya.

Pelaku diketahui bernama Effendi alias Supendi yang merupakan warga Jalan Prof M Yamin Gang Telok Pakedai Pontianak Selatan.

Sementara itu, Kapolsek Pontianak Barat, Kompol Abdullah, saat dikonfirmasi via pesan WhatsApp membenarkan pelaku mengalami gangguan kejiwaan.

“Iya orang stres pelakunya,” katanya singkat.

Namun, Kapolsek tak menjawab pertanyaan saat ditanya tentang langkah hukum yang ditempuh pihak kepolisian. (ico)