Description

Puskesmas Bonti Siap Sukseskan Imunisasi MR

Kapolsek Bonti IPDA Rahmad Kartono membujuk siswa SDN 01 Bonti untuk di Imunisasi MR. Foto: Abang Indra

Sanggau, BerkatnewsTV. Dalam rangka mensukseskan kampanye Imunisasi Measles dan Rubella disingkat MR di wilayah Kecamatan Bonti, Puskesmas Bonti menggelar pencanangan kegiatan MR yang pusatkan di SDN Nomor 01 Kecamatan Bonti, Kamis (02/08/18).

Kepala Puskesmas Bonti Titi Rahmawati, menyampaikan imunisasi MR ini penting untuk mengeliminasi penyakit campak dan rubella.

“Yang ikut imunisasi hari ini adalah semua siswa yang telah mendapat izin dari orangtuanya. Harapannya tentu semua siswa sehat agar bisa terus belajar,” kata Titi.

Titi, menjelaskan alat suntik maupun vaksin atau cairan yang disuntikkan itu aman. Alat suntik itu tidak akan digunakan untuk kedua kalinya, langsung dibuang untuk dimusnahkan setelah digunakan.

Hal itu dilakukan agar tidak terjadi penyebaran penyakit melalui suntikan. Begitupun vaksinnya, telah mendapat rekomendasi dari WHO dan izi edar dari Badan POM dan telah digunakan di lebih dari 141 negara di dunia.

“Tidak ada efek samping dalam imunisasi. Kalaupun ada paling hanya demam ringan, ruam merah, bengkak ringan, dan nyeri di tempat suntikan setelah imunisasi adalah reaksi normal yang akan menghilang dalam 2-3 hari,” pungkas dia lagi.

Camat Bonti Darmikus Heri, mengimbau seluruh lapisan masyarakat untuk menyukseskan kampanye MR yang dilaksanakan bulan Agustus – September 2018 mulai PAUD, SD, SMP.(dra)