Description

11 Tahun Pendidikan Kubu Raya Alami Kemajuan

Kepala Dinas Dikbud Kubu Raya bersama guru yang sukses meraih prestasi di tingkat nasional. Foto: dok

Kubu Raya, BerkatnewsTV. Potret pendidikan Kubu Raya semakin tahun menunjukan perubahan dan peningkatan yang signifikan, ketimbang sebelum dimekarkan dari Kabupaten Mempawah.

Selama 11 tahun sejak terbentuk di tahun 2007, sektor pendidikan Kubu Raya terus dibenahi dan diperbaiki kuantitas dan kualitasnya.

“Mulai dari pembangunan fisik, telah banyak sekolah-sekolah maupun kelas-kelas baru yang dibangun, termasuk sarana proses belajar mengajarnya,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kubu Raya, Frans Randus.

Selain itu, sambung Frans, dari aspek tenaga pengajar mengalami peningkatan baik dari sisi jumlah tenaga maupun kualitas guru. Telah banyak guru-guru yang telah bersertifikasi dan mengikuti berbagai diklat.

“Begitu juga anggaran. Selama 11 tahun alami peningkatan. Jumlahnya sudah melebihi 20 persen dari APBD seperti yang diamanahkan UU Sisdiknas. Anggaran meningkat maka kualitas pendidikan juga pasti meningkat,” terangnya.

Progres itu disebutkan Frans menghasilkan berbagai penghargaan akademik. Misalnya, 1 orang guru sukses di Olimpiade Guru Nasional (OGN). Kemudian GTK Berprestasi menuju tingkat nasional.

Begitu pula siswa-siswinya meraih berbagai prestasi seperti siswa SD/SMP di bidang mata pelajaran IPA dan Matematika meraih rangking pertama.

“Namun tentunya pendidikan Kubu Raya terus kita lakukan evaluasi untuk perbaikan. Maka, kerja sama dari semua pihak terutama elemen masyarakat sangat dibutuhkan,” harapnya.(rob)