Description

Di Tebang Kacang Mahasiswa 15 Negara Disuguhkan Kesenian dan Makanan Lokal

Kubu Raya, BerkatnewsTV. Warga Desa Tebang Kacang, Kecamatan Sui Raya, Kabupaten Kubu Raya heboh lantaran terkejut di datangi puluhan “turis”.

Ternyata “turis” ini adalah mahasiswa dari 18 negara, yang tergabung dalam AIESEC (Association for the International Exchange of Students in Economics and Commerce), organisasi internasional di bidang pemberdayaan pemuda sebagai relawan untuk proyek-proyek sosial.

Mereka berasal dari Kanada, Rusia, Cina, Maroko, Spanyol, Thailand, Vietnam, Malaysia, Mesir, Turki, Irak, Republik Ceko, India, Bangladesh dan Tanzania.

Di Tebang Kacang, mahasiswa ini mengunjungi salah satu situs sejarah Rumah Besar Mbah Kasan Gendon.

Kedatangannya disambut antusias masyarakat setempat yang menampilkan kesenian silat Mbah Kasan Gendon, musik gamelan, serta wayang kulit yang masih dilestarikan.

Sambil menyaksikan kesenian tradisional, mahasiswa disuguhkan makanan lokal yang dibungkus daun pisang dan buah rambutan.

Vice President of Incoming Global Volunter AIESEC Untan Pontianak, Chandra Kurniawan, mengatakan bahwa mereka ke Desa Tebang Kacang untuk mengenalkan budaya, sejarah dan hasil pertanian.

“Jadi intinya AIESEC Untan Pontianak membawa para turis ini untuk membantu mereka dalam mengerjakan proyeknya di bidang lingkungan, pariwisata, sosiopreneur, dan pendidikan,” ujarnya. (riz)