Description

Calon Jamaah Haji Ditanggung Uang Saku, Transportasi dan Konsumsi

Pj Sekda menyerahkan bantuan uang saku kepada calon jamaah haji Kubu Raya yang akan menunaikan ibadah haji. Foto: ist

Kubu Raya, BerkatnewsTV. Pemkab Kubu Raya memberikan bantuan uang saku sebesar Rp1 juta kepada calon jamaah haji yang akan menunaikan ibadah haji.

“Uang satu juta rupiah jika ditukar uang riyal mungkin tidak seberapa. Tapi inilah bentuk perhatian dari pemerintah daerah terhadap jemaah calon haji,” kata Pj Sekda Kubu Raya, Odang Prasetyo saat melepas calon jamaah haji, Kamis (19/7) di aula kantor bupati Kubu Raya.

Begitu juga terkait konsumsi, disebutkan Odang jemaah ditanggung penuh selama 9 hari di Madinah, 3 hari di Mina, sehari di Arafah, dan sehari di Muzdalifah. Adapun selama 19 hari di Makkah pemerintah menanggung konsumsi jemaah hingga 14 hari.

“Jadi hanya 5 hari saja jemaah harus mandiri,” imbuhnya.

Odang menambahkan, bantuan dari Pemkab Kubu Raya juga mencakup biaya konsumsi selama di Embarkasi Batam dan biaya transportasi lokal.

“Yang seharusnya ditanggung jemaah sudah dibayar oleh pemerintah daerah. Kita melihat betapa rumitnya mencari makan di Embarkasi Batam. Karena itu kita melakukan kerja sama dengan jasa katering yang ditanggung oleh pemerintah daerah,” ujar Odang.

Karena itu Odang meminta jemaah untuk tidak khawatir terkait fasilitas di tanah suci. Ia memastikan penginapan jemaah sangat representatif.

Jumlah calon jamaah haji Kubu Raya sebanyak 305 orang. Terdiri 145 jemaah pria dan 160 jemaah wanita. Seyogyanya ada 307 jemaah namun 2 orang mutasi ke kloter 13 sehingga berjumlah 305 orang.

Jemaah tertua atas nama Juna Burce asal Kecamatan Sungai Raya dengan usia 92 tahun. Kemudian jemaah termuda yaitu Badaruddin dari Sungai kakap dengan usia 28 tahun

Total rombongan di kloter 11 sebanyak 445 orang bersama CJH Kayong Utara, Sekadau, dan Kapuas Hulu dengan 3 personel pendamping dari Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD).

CJH akan berangkat dari Asrama Haji Kota Pontianak menuju Embarkasi Batam pada 29 Juli mendatang. Dilanjutkan ke Makkah sehari setelahnya.(rob)