Gedung Kwartir Daerah Pramuka Kalbar (Foto: Rizky)
Gedung Kwartir Daerah Pramuka Kalbar (Foto: Rizky)

Pontianak, BerkatnewsTV. Simpel, anggun, sekaligus megah. Itulah kesan pertama ketika kita melihat bangunan ini. Gedung Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalimantan Barat ini dulunya merupakan kompleks perumahan para pejabat pemerintahan Hindia Belanda di Kalimantan Barat. Bangunan ini dulunya juga pernah dijadikan tempat pertemuan para pejuang dalam upaya mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

Ketika tentara sekutu/Australia dibawah Komando Asia Tenggara (Southeast Asia Command/SEAC) divisi AFNEI (Allied Forces Netherlands East Indies) mendarat di Pontianak, bangunan ini menjadi salah satu bangunan yang diambil alih dan menjadi markas kegiatan tentara sekutu selain dari bangunan kantor residen.

Setelah masa kemerdekaan, bangunan yang berbentuk memanjang kebelakang dengan delapan ruangan ini pernah difungsikan sebagai kantor Komando Daerah Angkatan Kepolisian (Komdak), lalu sebagai kantor BKKBN. Kemudian pada tahun 1980 akhir, bangunan ini difungsikan sebagai kantor Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalimantan Barat.

Gedung Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalimantan Barat ini berada di Jalan Zainudin yang secara administratif masuk ke dalam wilayah Kelurahan Sekip Darat, Kecamatan Pontianak Kota. Sebagai salah satu dari 14 bangunan yang telah ditetapkan sebagai benda cagar budaya, keberadaan bangunan ini jelas menjadi sangat penting dalam perjalanan sejarah Kota Pontianak. (riz)