Sejumlah kendaraan yang sebelumnya parkir di bahu jalan depan Transmart telah dilarang. Tim gabungan telah melakukan operasi penertiban waktu lalu. Foto: Robby

Kubu Raya, BerkatnewsTV. Tim gabungan akhirnya melakukan penindakan terhadap para juru parkir (jukir) dan kendaraan yang memarkirkan kendaraannya di bahu Jalan Arteri Supadio dan Mayor Alianyang.

Penegasan itu dilakukan dalam penertiban parkir liar yang telah berlangsung lama di depan Transmart sejak dibuka Februari lalu.

“Ini sudah menjadi keluhan masyarakat yang akan menuju bandara karena macet di area sini dikarenakannya adanya parkir liar,” kata Kasat Lantas Polresta Pontianak Kota, Kompol Syarifah Salbiah disela penertiban.

Ia sebutkan, penindakan yang dilakukan yaitu juru parkir diangkut ke Mapolresta Pontianak dan kendaraan yang diparkir ditilang.

Disebutkan Salbiah, masih adanya parkir liar ini dikarenakan berbagai faktor termasuk tidak tepat janji pihak Transmart.

“Pertama kata mereka, mereka ini takut, karena kalau menegur keluar diancam oleh jukir liar. Kemudian mereka inikan sudah diundang, kami minta agar dibuatkan lahan untuk parkir yang baik, kata mereka habis Imlek sudah jadi, tapi sekarang masih dikeruk lahan parkirnya,” katanya.

Bahkan ditambahkan Salbiah, pihaknya telah memberikan imbauan namun diabaikan pihak Transmart. “Kemudian pintu masuk kita minta disamping tidak didepan yang bisa menghambat jalan ke arah bandara, tetapi masih saja dibuka pintu di depan ini,” tuturnya.

Sementara itu pihak Transmart juga telah mengumumkan larangan parkir secara terbuka oleh pihak manajemen melalui pengumuman petugas informasi di seluruh pusat perbelanjaan Transmart.

Pengumuman itu ditindak lanjuti manajemen Transmart dengan langsung memasang spanduk pada Sabtu (2/6) malam di empat titik antara lain persis di depan Transmart dan depan Arwana Jalan Supadio serta di Jalan Alianyang baik dari Kodam maupun sebaliknya sebelum bundaran.

“Kami hanya ditugaskan untuk memasang spanduk. Kalau ada yang mau dikonfirmasi langsung saja ke manajemen,” kata Budi salah satu karyawan Transmart disela pemasangan spanduk.

Informasi yang diterima bahwa sebenarnya lahan parkir Transmart cukup luas dan bisa menampung hingga ribuan kendaraan. “Kalau tidak salah bisa menampung sekitar 1286 lot kendaraan roda dua dan 410 lot kendaraan roda empat,” ucapnya.(rob)